Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Untuk Penderita Typus

Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Dikomsumsi Untuk Penderita TypusPenyakit typus merupakan penyakit infeksi akut usus halus, disebabkan oleh sejenis bakteri yaitu Salmonella typhi. Penyakit ini merupakan endemik di Indonesia sebagai daerah tropis, dapat terjadi sepanjang tahun dan hampir di semua daerah di Indonesia. Dapat menyerang segala usia, tapi paling sering menyerang anak-anak.

Orang yang sedang demam karena typus akan mengalami muntah-muntah dan diare. Apa saja makanan yang tepat untuk dikonsumsi oleh penderita typus? Pengaturan makanan yang baik dan diet akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Apa saja makanan yang dianjurkan untuk penderita typus ini? Nutrisi apa saja yang berkaitan dengan masalah demam karena typus ini?

Mereka yang mengalami sakit typus akan kehilangan protein sejumlah sekitar 250-500 gram setiap harinya, persediaan glikogen di dalam tubuh pun menyusut, belum lagi iritasi di lambung dan saluran pencernaan sehingga menyebabkan diare. Luka pada lambung dalam waktu yang lama bisa menyebabkan menurunnya penyerapan nutrisi oleh tubuh. Itulah sebabnya tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh mereka yang sedang terkena typus.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita typus adalah makanan yang mudah dicerna. Makanan dengan kandungan serta yang rendah harus dimasukkan ke dalam program diet penderita typus. Makanan yang mengandung serat tinggi bisa menyebabkan iritasi pada lambung yang dan usus halus. Makanan yang digoreng dan berlemak juga sulit untuk dicerna dan bisa memperburuk diare pada pasien. Hindari makanan pedas dengan rasa gurih.

Kenapa makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita tipus harus lembut dan mudah dicerna? Demam karena typus salah satunya dikirimkan melalui makanan yang terkontaminasi, air dan makanan ringan serta minuman. Hal ini berlaku juga untuk para pelancong yang sering mengunjungi banyak daerah berbeda untuk memerhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsinya.

Jangan lupa untuk mencuci buah kemudian mengupasnya sebelum dimakan. Begitu juga dengan air minum. Konsumsi air mineral dalam botol yang bersih dan terpercaya atau jika memasak sendiri, masaklah air hingga mendidih dan matang.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita typus adalah makanan yang berasal dari olahan susu, jus, sup dan banyak air mineral. Selain itu telur, ikan, daging unggas, keju, madu, permen, jelly, rumput laut, bayam, melon, terong termasuk jenis makanan yang boleh dan aman dikonsumsi oleh penderita typus.

Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari sementara adalah:
Sumber karbohidrat: beras ketan, beras tumbuk/merah, roti whole wheat (gandum), jagung, ubi, singkong, talas, dodol dan kue-kue lain yang manis dan gurih.
Sumber protein hewani: daging berserat kasar, serta daging, ayam, ikan diawetkan, telur mata sapi, didadar.
Sumber protein nabati: kacang merah serta kacang-kacangan kering seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai.
Sayuran: sayuran yang berserat tinggi seperti: daun singkong, daun katuk, daun pepaya, daun dan buah melinjo, oyong, serta semua sayuran yang dimakan mentah.
Buah-buahan: buah-buahan yang dimakan dengan kulit seperti apel, jambu biji, serta jeruk yang dimakan dengan kulit ari; buah yang menimbulkan gas seperti durian dan nangka.
Lemak: Minyak untuk menggoreng, lemak hewani, kelapa dan santan.
Minuman: kopi dan teh kental; minuman yang mengandung soda dan alcohol.
Bumbu: cabe dan merica.



Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>