Pemicu Cedera Paling Umum Saat Olahraga

Olahraga seharusnya membuat tubuh jadi sehat dan bugar, tapi kadang seseorang suka mengabaikan hal kecil yang bisa memicu cedera. Ini 4 kesalahan yang paling umum dilakukan saat olahraga. Cedera yang dialami seseorang bisa membuatnya berhenti berolahraga dan membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan.

Berikut beberapa kesalahan yang umum dilakukan orang ketika sedang olahraga:

Salah posisi saat jongkok
Beberapa orang kadang mengeluh mengalami nyeri lutut setelah olahraga, hal ini kebanyakan disebabkan olah salahnya posisi tubuh saat sedang berjongkok. Jika sumbu lutut berada di depan kaki, maka bisa memicu timbulnya nyeri. Sebaiknya menjaga lutut agar tetap berada di belakang pergelangan kaki.

Berlari terlalu cepat
Jika sedang berlari menuruni bukit, secara refleks seseorang akan berlari cepat. Kondisi ini membuat orang bergantung pada paha belakang untuk melawan paha depan, jika lemah maka ia tidak bisa mentolerir saat memutar atau terjadi ketidakstabilan yang memicu risiko sakit di lutut, pergelangan kaki dan cedera ACL di ligamen lutut.

Sakit punggung karena salah berdiri
Jika seseorang sebelumnya tidak aktif, maka mengangkat beban bisa membebani cakram di tulang belakang. Berdiri dengan posisi terhuyung, yang secara alami seseorang akan memperpanjang punggung dengan posisi pinggul ke depan, sehingga punggung berada dalam posisi alami.

Tidak melakukan pemanasan
Kebanyakan orang memiliki energi penuh sehingga ingin langsung latihan atau olahraga dan melewatkan pemanasan. Kondisi ini bisa memicu orang mengalami cedera karena otot dan sendi masih kaku.



Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>