Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak

Kesehatan Ibu, Bayi dan AnakAda pepatah mengatakan bahwa wanita adalah tiang suatu Negara. Sebenarnya tidak berlebih jika terdapat kalimat demikian. Karena wanita merupakan makhluk yang secara kodrati melahirkan anak, dan menjadi pelestari jenisnya. Meskipun tanpa kehadiran pria, seorang wanita juga mustahil memiliki keturunan, namun wanita lah yang selanjutnya mengambil fungsi utama di dalam proses reproduksi hingga terlahir seorang bayi dan selanjutnya berkembang menjadi anak yang lebih besar. Untuk itu kesehatan Ibu, Bayi dan Anak sangat perlu mendapatkan perhatian ekstra.

Negara memberikan jaminan penuh khususnya bagi kesehatan ibu dan anak. Di Indonesia, saat ini sudah terdapat jaminan kesehatan bagi ibu semenjak mempersiapkan pernikahan melalui imunisasi, hingga ibu mengandung, melahirkan serta merawat bayi di luar kandungan. Gizi dan kesehatan anak pun diberi perhatian yang cukup oleh pemerintah. Pada saat ibu hamil, maka terdapat program pemeriksaan rutin terhadap kandungan, dilanjut dengan program melahirkan gratis bagi keluarga kurang mampu dan selanjutnya program imunisasi dan posyandu. Semua memiliki harga yang sangat terjangkau bahkan gratis untuk melahirkan melalui jaminan persalinan. Hal tersebut menunjukkan kepedulian Negara terhadap status kesehatan ibu bayi dan anak.

Telah diketahui bahwa kesehatan ibu sangat memberikan dampak besar bagi kesehatan bayi yang dilahirkan serta tingkat perkembangan bayi menjadi anak yang lebih besar. Bisa dibayangkan apabila seorang ibu mempunyai kualitas kesehatan yang rendah, misalnya terjadi gizi buruk di mana asupan gizi bagi ibu hamil dan menyusui akan memberikan pengaruh terjadinya mal nutrisi pada bayi yang dikandung dan menurunkan kualitas air susu. Padahal asupan ibu akan menjadi bahan makanan bagi janin melalui plasenta dan bayi yang minum ASI. Maka kekurangan gizi pada ibu akan menimbulkan ketimpangan dalam perkembangan anak. Bahkan sampai anak sudah disapih pun, kesehatan ibu penting bagi perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya. Ibu yang sehat mampu memberikan pendidikan dan kelayakan hidup bagi anak-anaknya, baik melalui aktivitas rumah tangga maupun ekonomi. Betapa pentingnya kesehatan ibu bayi dan anak.


One Comment

  1. Pingback: Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak | www.akbidmona.com

Berikan Komentar Anda: