Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comDibagian kebidanan selalu terjadi gelak tawa yang silih berganti dengan ratap tangis yang memilukan karena kelahiran bayi yang didambakan atau kematian ibu, atau bayi yang diharapkan.

Berdasarkan penelitian WHO diseluruh dunia terdapat kematian Ibu sebesar 500.000 jiwa pertahun dan kematian bayi khususnya neonates sebesar 10.000.000 jiwa per tahun.

Kematian meternal dan bayi tersebut terjadi terutama dinegara berkembang sebesar 99%. Kendatipun jumlahnya sangat besar, tetapi tidak menarik perhatian karena kejadiannya tersebar (sporadis).

Berbeda dengan kematian yang terjadi akibat banjir, tanah longsor, bencana alam lainnya atau korban kecelakaan. Sebenarnya kematian Ibu dan Bayi mempunyai peluang yang sangat besar untuk dihindari dengan meningkatkan kerjasama antara pemerintah, swasta, dan badan-badan social lainnya.

Who memperkirakan jika ibu hanya melahirkan rata-rata 3 bayi, maka kematian ibu dapat diturunkan menjadi 300.000 jiwa dan kematian bayi sebesar 5.600.000 jiwa per tahun.

Sebaran kematian ibu di Indonesia bervariasi antara 130 sampai 780 dalam 100.000 persalinan hidup. Kendatipun telah dilakukan usaha yang intensif dan dibarengi dengan makin menurunnya angka kematian ibu dan bayi disetiap rumah sakit, kematian ibu dan bayi di Indonesia masih berkisar 390/100.000 persalinan hidup. Sedangkan kematian bayi sekitar 56/10.000 persalinan hidup.