Bagaimana Fungsi Antibodi

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comAntibody mempertahankan tubuh terhadap berbagai penyerang (invader) asing melalui beberapa cara, dan tipe pertahanan yang digunakan bergantung pada struktur serta komposisi antigen maupun immunoglobulin.

Sebagaimana dibicarakan pada postingan sebelumnya, molekul anti body memiliki sedikitnya dua buah tempat penggabungan yang dikenal sebagai fragmen Fab.

Salah satu anti bodi dapat bertindak sebagai sebuah penghubung silang antara dua buah antigen yang membuat kedua antigen tersebut berikatan atau menyatu.

Efek penyatuan atau penggumpalan yang disebut aglutinasi ini akan membantu tubuh untuk membersihkan dirinya dari mikroorganisme penyerang dengan cara memfasilitasi fagositosis.

Sebagian antibody memiliki kemampuan untuk membantu mengeluarkan mikroorganisme penyerang tersebut melalui proses opsonisasi. Dalam proses ini, molekul antigen-antibodi dibungkus dengan substansi yang lengket yang juga akan memfasilitasi fagositosis.

Antibody juga turut meningkatkan pelepasan substansi vasoaktif, seperti histamine dan slow reacting substance (SRS). Kedua substansi ini merupakan mediator kimia dalam respons inflamasi.

Disamping itu, antibody juga terlibat dalam proses pengaktifan system komplemen.