Menentukan Umur Kehamilan untuk Memperkirakan Persalinan

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comUmur kehamilan

Menentukan umur hamil yang sangat penting untuk memperkirakan persalinan. Umur hamil dapat ditentukan dengan

Mempergunakan rumus Naegle

Rumus Naegle memperhitungkan umur kehamilan berlangsung selama 288 hari. Perhitungan kasarnya dapat dipakai dengan menentukan hari pertama haid dan ditambah 288 hari, sehingga perkiraan kelahiran dapat ditetapkan. Rumus Naegle dapat dihitung hari haid pertama ditambah tujuh dan bulannya ditambah Sembilan.

Contohnya, haid hari pertama tanggal 15 Januari 2013, maka penghitungan perkiraan kelahiran adalah 15 + 7 = 22; 1 + 9 = 10 sehingga  dugaan persalinan adalah 22 Oktober 2013.

Gerakan pertama fetus

Dengan memperkirakan terjadinya gerakan pertama fetus pada umur hamil 16 minggu, maka perkiraan umur hamil dapat ditetapkan . perkiraan ini tidak tetap.

Perkiraan tingginya fundus uteri

Mempergunakan tinggi fundus uteri untuk memperkirakan umur hamil terutama tetap pada hamil pertama. Pada kehamilan kedua dan seterusnya perkiraan ini kurang tepat.

Penentuan umur hamil dengan ultrasonografi

Bila ragu-ragu dapat berkonsultasi untuk menetapkan perkiraan persalinan. Untuk menentukan umur hamil melalui ultrasonografi dengan mengukur bagian janin:

  • Menentukan diameter kantongan gestasi
  • Menentukan jarak kepala-bokong
  • Menentukan jarak tulang biparietal.
  • Menentukan lingkaran perut
  • Menentukan panjang tulang femur

Metode ini memerlukan pengetahuan teoritis dan keterampilan khusus.

Dengan makin tingginya pengetahuan masyarakat, sehingga tanggal haid terakhirnya dapat diingat maka perkiraan persalinan dapat diperhitungkan dengan rumus Naegle.