Tips dan Nasehat Untuk Ibu Hamil

Loading...

https://www.ilmukesehatan.com1. Pantang diet hamil

Pada dasarnya dianjurkan makanan empat sehat lima sempurna. Karena kebutuhan akan protein dan bahan makanan tinggi, dianjurkan tambahan sebuah telur sehari.

Nilai gizi dapat ditentukan dengan bertambahnya berat badan sekitar 6,5 sampai 15 kg selama hamil. Berat badan yang bertambah terlalu besar atau kurang perlu mendapat perhatian khusus karena kemungkinan terjadi penyulit kehamilan. Kenaikan berat badan tidak boleh lebih dari ½ kg/minggu.

2. Pekerjaan rumah tangga

Pekerjaan rutin dapat dilaksanakan. Bekerjalah sesuai dengan kemampuan dan makin dikurangi dengan semakin tua kehamilan.

3. Wanita pekerja diluar rumah

Partisipasi wanita dalam pembangunan makin besar, sehingga banyak wanita karier. Kehamilan bukanlah merupakan halangan untuk berkarya asalkan dikerjakan dengan pengertian sedang hamil.

Wanita karier yang hamil mendapat hak cuti hamil selama tiga bulan, yang dapat diambil sebulan menjelang kelahiran dan dua bulan setelah persalinan. Selama hamil perhatikan hal-hal yang dapat membahayakan kelangsungan hamil, dan segera memeriksakan diri.

4. Hubungan seksual

Hamil bukan merupakan halangan untuk melakukan hubungan seksual.

Hubungan seksual disarankan untuk dihentikan bila:

  • Terdapat tanda infeksi dengan pengeluaran cairan disertai rasa nyeri atau panas
  • Terjadi perdarahan saat hubungan seksual
  • Terdapat pengeluaran cairan (air) yang mendadak

Hentikan hubungan seksual pada mereka yang sering mengalami gugur kandung, persalinan sebelum waktunya, mengalami kematian dalam kandungan, sekitar dua minggu menjelang persalinan.