Saran dan Tips Untuk Para Ibu Hamil

Loading...

https://www.ilmukesehatan.com1. Olah raga saat hamil

Pelaksanaan olah raga saat hamil, merupakan masalah kontroversi dengan pengertian perlu pertimbangan. Olah raga mutlak dikurangi bila dijumpai:

  • Sering mengalami keguguran
  • Persalinan belum cukup bulan
  • Pada mereka yang mempunyai sejarah persalinan sulit
  • Pada kasus infertilitas
  • Umur saat hamil relative tua (primi tua)
  • Hamil dengan perdarahan dan mengeluarkan cairan.

Yang banyak dianjurkan adalah jalan-jalan waktu pagi hari untuk ketenangan dan mendapatkan udara segar.

2. Pakaian hamil.

Pakaian hamil yang dianjurkan adalah pakaian yang longgar dan terbuat dari katun sehingga mempunyai kemampuan menyerap, terutama pakaian dalam.

Pakaian dalam atas (BH) dianjurkan yang longgar dan mempunyai kemampuan untuk menyangga payudara yang makin berkembang. Pakaian dalam sering diganti untuk menjaga kebersihan dan menghalangi suasana lembab disekitar pelipatan.

3. Pemeliharaan payudara

Payudara yang dipersiapkan untuk dapat memberikan laktasi perlu perhatian yang seksama. Dengan pakaian dalam (BH) yang longgar, maka perkembangan payudara tidak terhalang.

Putting susu penting diperhatikan agar tetap bersih. Putting susu perlu ditarik-tarik sehingga menonjol dan memudahkan untuk memberikan ASI. Putting susu yang terlalu masuk dikeluarkan dengan jalan operasi atau dengan pompa susu.

4. Pengawasan gigi

Saat hamil sering terjadi karies yang berkaitan dengan emesis-hiperemisis gravidarum, hipersalivasi dapat menimbulkan timbunan kalsium disekitar gigi. Memeriksakan gigi saat hamit perlu dilakukan untuk mencari kerusakan gigi yang dapat menjadi sumber infeksi.