Metabolisme Pencernaan Lemak

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comPencernaan lemak

Lemak didalam bahan makanan tidak mengalami pencernaan didalam rongga mulut, karena tidak ada enzim yang dapat memecahnya.

Dalam gaster ada enzim lipase, tetapi pengaruhnya terhadap pemecahan lemak dapat diabaikan, karena rendah sekali, pH didalam gaster tidak cocok untuk aktivitas lipase tersebut.

Didalam duodenum lemak dipecah oleh enzim lipase yang berasal dari sekresi pancreas. Triglyceride dipecah menghasilkan campuran metabolite di-dan monoglycerida serta asam lemak bebas.

Asam lemak dengan rantai carbon panjang tidak larut didalam air,tetapi membuat ikatan kompleks dengan garam empedu yang membuatnya menjadi dapat larut (emulsi).

Asam lemak rantai karbon pendek dan intermediate lebih mudah larut didalam air, sehingga lebih mudah diserap melalui dinding epithel saluran pencernaan.

Sekresi cairan empedu dari hati tidak mengandung enzim untuk memecah lemak, tetapi mengandung garam-garam empedu yang mengemulsikan lemak dan asam lemak hasil pencernaan, menjadi butir-butir halus yang dapat menembus epithel usus, masuk kedalam lymphe jaringan.