Eritroleukoplakia dan Speckled Eritroplakia

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comEritroleukoplakia dan speckled eritroplakia atau “speckled eritroplakia” (istilah yang lebih disukai beberapa pengarang), adalah lesi-lesi merah dan putih prakanker.

Eritroleukoplakia adalah suatu bercak merah dengan daerah-daerah leukoplakia yang terpisah-pisah, sedangkan speckled eritroplakia adalah suatu bercak merah yang mengandung bintik-bintik atau granula-granula putih merata di seluruh lesi. Suatu varian lesi merah-putih yang tampak noduler disebut leukoplakia verukosa proliferatif.

Eritroleukoplakia dan speckled eritroplakia mempunyai predileksi pria dan sebagian besar lesi dijumpai pada pasien-pasien di atas usia 50 tahun dapat terjadi di setiap daerah intraoral, tetapi seringkali terjadi pada tepi lateral lidah, mukosa pipi dan palatum lunak. Lesi-lesi ini seringkali dihunungkan dengan merokok berat, alkoholisme dan kebersihan mulut yang  jelek.

Infeksi jamur adalah umum pada speckled eritroplakia. Candida albicans, suatu organisme yang dominan, telah dapat diisolasi dalam sebagian besar kasus; karenanya, perawatan dari lesi-lesi ini harus meliputi analisis untuk kandida.

Hubungan sebab dan akibat dari kandidiasis dan speckled leukoplakia tidak diketahui, tetapi eritroplakia dengan daerah-daerah leukoplakia memberi risiko yang lebih besar untuk perubahan-perubahan sitologis atipikal. Karena meningkatnya resiko karsinoma, maka biopsi merupakan keharusan untuk semua lesi merah-putih.