Kebutuhan Tubuh Akan Vitamin D

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comKebutuhan akan vitamin D belum diketahui dengan pasti, karena vitamin ini dapat disintesa dari jenis cholesterol tertentu yang terdapat didalam jaringan dibawah kulit.

Namun demikian diperkirakan bahwa konsumsi 400 SI sehari sudah mencukupi untuk semua umur dan jenis kelamin. Di Amerika mula-mula dianjurkan konsumsi sebanyak 800 SI seorang sehari, tetapi kemudian terdapat tanda-tanda bahwa dosis itu terlalu tinggi, sehingga kemudian diturunkan menjadi 400 SI.

Defisiensi vitamin D memberikan penyakit rakhitis (rickets) atau disebut pula penyakit Inggris, karena mula-mula banyak terdapat dan dipelajari di Negara Inggris.

Sebelum diketahui adanya vitamin sebagai zat gizi, penyakit ini merupakan problema gawat sekali di Negara Inggris, dimana anak-anak tidak dapat dikenai cukup sinar matahari untuk jangka waktu sangat panjang, karena hidup di lorong-lorong kota London, yang tidak pernah terkena sinar matahari karena terlindung oleh bayangan gedung-gedung yang tinggi.

Secara umum di Indonesia penyakit ini tidak perlu dirisaukan, tetapi kasus sporadic mungkin masih dijumpai pada anak-anak atau wanita yang karena adat istiadat sedikit sekali terkena sinar matahari.

Konsumsi berlebih Vitamin D dapat pula memberikan gejala-gejala hypervitaminosis D. kondisi ini mungkin terjadi pada anak-anak yang mendapat tetes konsentrat minyak ikan yang terlalu banyak untuk jangka waktu lama.

Hypervitaminosis D menyebabkan perkapuran didalam jaringan bukan biasanya, seperti didalam organ-organ vital ginjal dan sebagainya.