Varises Pada Wanita Hamil

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comWanita hamil sering mengeluh tentang pelebaran pembuluh darah, yang terjadi pada tungkai, vagina, vulva, dan terjadi wasir.

Selain kelihatan kurang baik, pelebaran pembuluh darah ini dapat merupakan sumber perdarahan potensial pada waktu hamil maupun saat persalinan.

Kejadian varises ini makin meningkat pada kehamilan makin tinggi dan segera akan menghilang atau berkurang setelah persalinan.

Penyebab varises adalah karena factor heriditer dan dirangsang oleh meningkatnya hormone estrogen dan progesterone atau factor lainnya.

Varises yang terdapat ditungkai dapat diatasi dengan cara tidak terlalu banyak berdiri, saat tidur kaki ditinggikan atau memakai stoking.

Varises yang pecah pada waktu hamil dapat diatasi dengan cara menjahit kembali sehingga perdarahan berhenti. Kesulitan yang mungkin dijumpai adalah saat persalinan dengan varises vilva yang besar sehingga saat episiotomi dapat terjadi perdarahan.

Dengan beberapa pertimbangan pada kasus dengan varises vagina dan vulva yang besar dapat dianjurkan persalinan dengan seksio sesarea.

Wanita hamil dengan keluhan wasir untuk sementara diatasi dengan pengobatan sampai persalinan berlangsung. Setelah persalinan berakhir, keluhan wasir berkurang sampai menghilang dan tidak memerlukan tindakan lain.