Infeksi Trikomonas dan Penyakit Gula Pada Saat Kehamilan

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comInfeksi Trikomonas Pada Kehamilan

Penyebabnya trikomonas vaginalis yang bersifat komensal pada vagina bersama dengan kandida albikan.

Terjadinya perubahan keseimbangan asam basa vagina karena hamil menyebabkan infeksi menjadi manifis dengan keluhan keputihan yang banyak dan encer, dan gatal  serta dapat menimbulkan perlukaan vagina atau mulut rahim.

Pengaruhnya terhadap kehamilan tidak banyak, kecuali keluhan keputihan dan gatal. Pengobatannya agak sukar karena sering kambuh dan akan menghilang setelah persalinan berlangsung.

Obat yang dapat diberikan adalah trikhodazol sebagai obat minum dan obat local yang dimasukkan ke vagina setelah umur hamil diatas 16 minggu.

Penyakit Gula pada Kehamilan

Penyakit gula dapat merupakan penyakit keturunan dengan cirri kekurangan atau tidak terbentuknya insulin, yang sangat untung untuk metabolisme gula dan pembentukan glikogen.

Akibatnya kadar gula dalam darah akan tinggi yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh secara menyeluruh dan mempengaruhi pula pertumbuhan dan perkembangan janin. Kejadian penyakit gula sekitar 0,3% sampai 0,7%.

Kemungkinan atau dugaan penyakit gula makin tinggi terjadi pada:

1. Umur penderita makin tua

2. Pada multiparitas

3. Penderita gemuk

4. Kelainan anak lebih besar dari 4000 gr

5. Riwayat kehamilan yang mengalami: sering meninggal dalam rahim, sering mengalami lahir mati, sering mengalami keguguran.

6. Bersifat keturunan

7. Pada pemeriksaan terdapat gula dalam urin.