Dilaserasi dan Perawatannya

Loading...

Defenisi
Dilaserasi adalah kelainan bentuk pada gigi karena terjadinya gangguan pada saat pembentukan gigi, sehingga gigi melengkung membentuk kurva atau sudut pada bagian mahkota atau akar.

Gejala Klinis
Lengkungan dapat terbentuk di bagian mana saja sepanjang gigi, kadang pada bagian leher gigi, kadang pada bagian tengah akar, mungkin juga di persambungan mahkota dan akar, atau malah hanya pada ujung akar saja, tergantung seberapa jauh pembentukan gigi telah berlangsung saat trauma terjadi.

Pemeriksaan
Untuk melihat adanya kelainan ini diperlukan pemeriksaan radiografik.

Perawatan
Kadang gigi yang mengalami dilaserasi dapat mengalami kesulitan untuk tumbuh ke posisi yang normal dalam rongga mulut sehingga harus dilakukan pencabutan.

Penyebab
Kelainan ini bisa disebabkan karena adanya trauma selama masa pembentukan gigi. Biasanya trauma terjadi pada gigi sulung yang menyebabkan gigi tersebut terdorong dan terdesak masuk ke dalam tulang. Gigi sulung yang terdorong tadi dapat mengenai benih gigi permanen yang berada di bawahnya. Trauma ini menyebabkan arah peletakan mineral (kalsifikasi) gigi permanen berubah sehingga terbentuk gigi yang melengkung.