Perdarahan Kala Nifas Sekunder dan Flegmasia Alba Dolens

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comPerdarahan kala nifas sekunder

Perdarahan kala nifas sekunder adalah perdarahan yang terjadi setelah 24 jam pertama. Kejadiannya tidak terlalu besar, apalagi dengan makin gencarnya penerimaan gerakan keluarga berencana.

Penyebab utama perdarahan kala nifas sekunder adalah terdapatnya sisa plasenta atau selaput ketuban (pada grandemultipara dan kelainan bentuk implantasi plasenta), infeksi pada endometrium, dan sebagian kecil terjadi dalam bentuk mioma uteri bersamaan dengan kehamilan dan inversion uteri.

Gejala klinis perdarahan kala nifas sekunder dapat terjadi perdarahan berkepanjangan melampaui patrun pengeluaran lokia normal, terjadi perdarahan yang cukup banyak, dan dapat disertai rasa sakit didaerah uterus.

Menghadapi keadaan demikian sebaiknya bidan berkonsultasi pada dokter sehingga pelayanan medis terhadap masyarakat lebih baik dan bermutu.

Flegmasia alba dolens

Flegmasia alba dolens merupakan salah satu bentuk infeksi puerperalis yang mengenai pembuluh darah vena femoralis. Vena femoralis yang terinfeksi dan disertai pembentukan thrombosis dapat menimbulkan gejala klinik sbagai berikut:

1. Terjadi pembengkakan pada tungkai

2. Berwarna putih

3. Terasa sangat nyeri

4. Tampak bendungan pembuluh darah

5. Temperature badan dapat meningkat.

Infeksi vena femoralis dijumpai dengan predisposisi pada penderita usia lanjut, multiparitas, dan persalinan dengan tindakan operasi.

Bila bidan berhadapan dengan keadaan demikian sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sehingga mendapatkan pengobatan yang tepat dan adekuat.