Pendidikan Gizi dan Keluarga

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comKeluarga dan Pendidikan Gizi

Pendidikan gizi kepada masyarakat dapat kita lihat dari dua segi, segi makro dan segi mikro. Pendidikan gizi makro menyangkut masyarakat secara umum, sedangkan pendidikan gizi mikro bersangkutan dengan keluarga dan individu, para anggota keluarga tersebut.

Di Indonesia terdapat tiga pengertian keluarga, ialah

1. Keluarga inti (core family) yang terdiri atas ayah, ibu dan anak-anak, baik anak kandung maupun anak angkat.

2. Extended family yang terdiri atas sepasang suami-istri yang biasanya menanggung biaya keluarga , dan semua orang yang bernaung dibawah satu atap dan menjadi tanggungan suami-istri tersebut, sehingga dapat meliputi anak-anak, kemenakan, bibi dan paman, bahkan eyang;dan

3. Disebut keluarga besar, yaitu kumpulan orang-orang (keluarga-keluarga) yang saling mempunyai pertalian darah, dan biasanya menganggap dirinya keturunan dari suatu nama tertentu, yang biasanya cukup dikenal (ningrat atau orang terpandang di wilayahnya).

Dinegara barat yang dimaksud dengan keluarga hanyalah keluarga inti tersebut diatas.

Terdapat hubungan yang erat antara masyarakat dan keluarga serta para individu anggota keluarga tersebut. Hubungan ini tercermin pada apa yang disebut gaya hidup (life style) ketiga unsure tersebut, jelasnya ada hubungan erat antara gaya hidup masyarakat, keluarga dan perorangan anggota keluarga tersebut.