Persiapan Operasi Kebidanan dan Mental Penderita

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comPersiapan operasi kebidanan

Yang dimaksud dengan persiapan operasi kebidanan adalah segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan operasi sehingga dapat dicapai optimalisasi ibu maupun bayinya.

Dengan operasi kebidanan diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian perinatal. Persiapan operasi kebidanan meliputi persiapan mental penderita dan persiapan fisik penderita.

Persiapan mental penderita

Dalam menghadapi tindakan operasi kebidanan atau lainnya diperlukan kesiapan mental penderita. Penderita diberikan penjelasan tentang operasi yang akan dilaksanakan.

Penderita dan keluarganya dapat menyetujui atau menolak tindakan operasi dan menyatakannya dalam surat persetujuan yang disebut informed consent.

Dengan adanya informed consent yang menjadi dasar transaksi medis barulah tindakan operasi dapat dilakukan. Informed consent merupakan perlindungan kedua belah pihak dari tuntutan hukum, bila terjadi masalah berkaitan dengan tindakan operasi.

Masalah informed concent semakin penting dengan dikeluarkannya “Undang-Undang Kesehatan Nasional” sebagai upaya melindungi kedua belah pihak dari tuntutan hokum.

Demikianlah bidan dapat memberikan KIEM sehingga masyarakat siap menerima tindakan operasi dengan pengertian yang baik.