Daftar Analisa Bahan Makanan

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comDaftar Analisa Bahan Makanan diperlukana dalam menyusun dan menilai hidangan. Di Indonesia Analisa Bahan Makanan hanya ditentukan bagi kondisi bahan mentah.

Makanan yang siap untuk dikonsumsi memberikan kesulitan dalam menentukan kadar zat-zat gizinya, karena resep (receipe) untuk membuat makanan yang sejenis sangat berbeda-beda, karena belum atau tidak ada resep yang seragam. Hal ini terjadi karena di Indonesia belum ada standar pembuatan berbagai makanan tersebut.

Lain halnya di Negara-negara yang telah maju, di mana makanan yang diperdagangkan dibuat di pabrik makanan dan telah ada standar yang harus dipenuhi bila hendak memakai sesuatu nama makanan tertentu.

Misalnya roti putih harus memenuhi syarat tertentu mengenai komposisi dan berat bahan baku yang dipergunakan; biscuit harus memenuhi kandungan tepung terigu tertentu, dan juga campuran lainnya seperti gula, bubuk susu, dan sebagainya.

Kalau tidak memenuhi standar yang ditentukan oleh yang berwenang (Food and Drug Administration =FDA), maka makanan tersebut digolongkan palsu (adulterated) dan tidak boleh diperdagangkan. Komposisi bahan baku yang dipergunakan harus dicantumkan secara jelas pada pembungkus makanan tersebut.