Persiapan dan Komplikasi Tindakan Operasi Kebidanan

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comPersiapan Operator

Dokter Operator sudah mendapat latihan sehingga dapat melakukan tindakan operasi kebidanan. Masyarakat dan keluarga menghendaki kelahiran well born baby.

Menghadapi permintaan well born baby, pertolongan persalinan yang dianjurkan adalah persalinan spontan belakang kepala, persalinan tindakan pervagina ringan (outlet ekstraksi vakum, outlet ekstraksi forsep), dan persalinan dengan seksio sesarea.

Bentuk pertolongan persalinan di luar tindakan tersebut sudah ditinggalkan karena lebih besar bahayanya dari keuntungan dengan komplikasi ibu dan bayinya lebih berat.

Komplikasi tindakan operasi kebidanan

Persalinan normal belakang kepala mempunyai komplikasi minimal, sehingga dapat diatasi oleh ibu maupun bayinya untuk mencapai kesehatan optimal.

Komplikasi ringan bayi lahir spontan B adalah:

1. Maulage ringan tulang kepala, tanpa bahaya pada susunan saraf pusat

2. Kaput suksedaneum, yang akan menghilang dalam waktu 3 sampai 5 hari.

3. Menelan air ketuban dan dapat dikeluarkan saat membersihkan jalan nafas.

Komplikasi ringan pada ibu adalah luka episiotomy atau ruptura perineum dan perlukaan pada portio. Seluruh komplikasi persalinan spontan belakang kepala (B) dapat diatasi, sehingga tidak mengganggu fungsi alat vital. Berbeda dengan komplikasi tindakan operasi kebidanan menimbulkan bahaya berkelanjutan sampai dengan kematian.