Pertimbangan Dalam Memecahkan Ketuban

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comUntuk memecahkan ketuban diperlukan beberapa pertimbangan sebagai berikut:

1. Kapan waktu yang tepat memecahkan ketuban.

a. Memecahkan ketuban menjelang pembukaan lengkap

  • Mendorong terjadinya refleks mengejan, sehingga persalinan dapat dipercepat
  • Memperkecil bahaya infeksi
  • Mengurangi kemungkinan prolapsus funikuli atau bagian kecil lainnya.
  • Cepat dapat mengambil tindakan menyelesaikan persalinan.

Saat tepat memecahkan ketuban pada waktu akhir dari his dengan pertimbangan derasnya aliran air ketuban berkurang, menghindari terjadinya prolapsus funikuli atau bagian kecil lainnya.

b. Memecahkan ketuban saat pembukaan kecil.

Bertujuan merangsang persalinan lebih cepat, mengurangi keregangan otot rahim untuk dapat lebih efektif berkontraksi. Memecahkan ketuban pada pembukaan kecil menimbulkan bahaya antara lain terjadi prolapsus funikuli, bahaya infeksi makin besar, dan memperbesar kemungkinan distress janin.

Dengan demikian memecahkan ketuban untuk tujuan merangsang persalinan pada pembukaan kecil sebaiknya dilakukan di rumah sakit sehingga siap untuk mengambil tindakan operasi persalinan dengan seksio sesarea.

2. Penilaian air ketuban

a. Jumlah air ketuban

Jumlah air ketuban sedikit (oligohidramnion) sering terjadi pada kehamilan serotinus. Kontraksi otot rahim akan menekan sirkulasi plasenta dan menimbulkan distress janin.

b. Warna air ketuban

Air ketuban yang normal berwarna jernih, terdapat ferniks kaseosa. Air ketuban yang berwarna kuning, keruh sampai berwarna hijau menunjukkan janin pernah mengalami distress janin.

c. Konsistensi air ketuban

Air ketuban yang kental terdapat pada kehamilan oligohidramnion atau serotinus. Keadaan air ketuban yang kental akan sulit dibersihkan dan mengganggu saluran pernapasan.

Penilaian air ketuban meliputi jumlah, warna dan konsistensi (kekentalan). Penilaian ini dapat memberikan petunjuk untuk mengambil tindakan operasi kebidanan yang lebih dini.

Bidan diperkenalkan untuk memecahkan ketuban bila dapat memastikan bahwa persalinan segera akan berlangsung dan tidak teraba bagian kecil menjelang pembukaan lengkap