Diagnosis dan Penanganan Hidrosefalus

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comDiagnosis Hidrosefalus pada letak kepala tidak terlalu sukar dengan memperhatikan kepala yang menonjol di atas simfisis, konsistensi kepala janin lunak seperti bola pingpong.

Pada pemeriksaan dalam dapat diraba sutura yang melebar, tulang kepala tipis dan mudah ditekan. Pada letak sungsang pemeriksaan hidrosefalus agak sukar. Dapat diperhitungkan untuk membantu diagnosis hidrosefalus dengan membandingkan besarnya kepala janin dengan badan.

Untuk memastikan hidrosefalus dapat dilakukan konsultasi dengan dokter puskesmas, dokter keluarga atau rumah sakit. Dirumah sakit hidrosefalus dapat dipastikan dengan jalan melakukan pemeriksaan rontgen atau ultrosonografi.

Pada pemeriksaan dijumpai tertimbunnya cairan serebrospinal dalam ventrikel, tulang kepala menipis, sutura melebar dan jaringan otak terdesak.

Pada hasil pemeriksaan foto abdomen disamping keadaan tersebut masih dapat terlihat perbandingan kepala dengan badan yang terlalu besar, dan muka bayi tampak kecil.

Prinsip penanganan Hidrosefalus adalah melakukan pungsi kepala agar cairan serebropinalis dapat dikeluarkan sehingga kepala janin menjadi kecil dan dapat lahir.

Pada letak sungsang pungsi dapat dilakukan pada foramen magnum atau pada setiap tempat yang dapat ditembus dengan jarum yang cukup besar.