Cara Efektif Membantu Relaksasi Syaraf dengan Metode Akupuntur

Loading...

Cara Efektif Membantu Relaksasi Syaraf dengan Metode AkupunturAgar kondisi tubuh menjadi sehat dan bugar, biasanya yang sering dilakukan yaitu dengan relaksasi. Apalagi bagi Anda yang memiliki kesibukan yang luar biasanya. Secara umum, banyak cara dapat dilakukan untuk membuat syaraf-syaraf yang tegang dan stress menjadi lebih relaks sehingga stamina tubuh tetap terjaga, misalnya pijat dan lulur, mandi sauna ataupun konsumsi multivitamin tertentu.

Namun demikian, sebenarnya masih ada cara alternatif yang dapat dilakukan untuk membantu relaksasi syaraf sekaligus melancarkan peredaran darah, yaitu dengan metode akupuntur. Apa saja jenis dan macam teknik akupuntur membantu relaksasi syaraf yang bisa dilakukan?

Jenis dan Macam

Berikut beberapa jenis dan macam teknik akupuntur membantu relaksasi syaraf yang bisa dilakukan sebagaimana yang kami dapatkan dari berbagai sumber, yaitu:

1. Accupressure
Teknik accupressure dilakukan dengan cara penekanan menggunakan ujung jari atau menggunakan alat yang di desain secara khusus untuk menekan titik refleksi atau meridian yang terdapat pada telapak kaki dan telapak tangan. Teknik ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan cara mengikuti petunjuk zona refleksi telapak tangan dan telapak kaki. Menurut beberapa sumber, titik meridian yang perlu mendapat pemijatan adalah area jantung, syaraf punggung dan hati atau liver.

2. Accupuncture
Teknik accupuncture dilakukan dengan penggunaan jarum khusus pada titik accupuncture tubuh dan wajah. Teknik ini hanya bisa dilakukan oleh ahli yang berpengalaman saja, karena penggunaan jarum khusus yang disesuaikan dengan teknik terapi harus tepat pada titik yang dituju sehingga hasilnya makin optimal. Menurut sebuah majalah kesehatan, dikatakan bahwa terdapat lebih dari 1000 titik accupuncture klasik, istimewa serta titik gaib yang berada pada area tubuh, wajah dan muka.

3. Stapling
Teknik ini hanya dapat dilakukan pada titik accupuncture telinga saja, karena ukuran dan bentuk jarum stapel yang berbeda dibandingkan jarum khusus accupuncture tubuh dan muka. Sama halnya dengan metode accupuncture, metode ini hanya dapat dilakukan oleh ahlinya saja karena terdapat lebih dari 200 titik accupuncture telinga dengan area yang sempit, sehingga akurasi titik meridian haruslah tepat. Kesalahan penempatan jarum stapel bisa saja megakibatkan efek samping yang tidak dikehendaki.

Demikianlah beberapa teknik akupuntur membantu relaksasi syaraf yang bisa dipertimbangkan untuk dilakukan. Imbangi juga dengan menjaga pola makan dan melakukan pola hidup sehat.