Solusi Mengatasi Alergi Wajah karena Polesan Kosmetik

Loading...

Solusi Mengatasi Alergi Wajah karena Polesan KosmetikSemua wanita tentu ingin tampil cantik, cerah dan bersih untuk membuat semua itu perlu memerlukan perawatan kecantikan. Bagi wanita Indonesia banyak yang mendambakan punya wajah yang bersih dan cerah, meskipun pada dasarnya orang asia tenggara punya kulit coklat muda sampai coklat gelap, atau yang lebih dikenal dengan sebutan kulit sawo matang. Sehingga pantas jika mereka ingin mendapatkan warna kulit yang lebih bersih dan cerah.

Wanita-wanita dahulu, untuk membuat wajah mereka tampak cantik, mereka mengambil bahannya dari alam yang diolah menjadi masker. Dengan berkembanganya zaman, Cara baru dalam merawat kulit wajah yaitu menggunakan cream kecantikan yang sudah banyak dijual diberbagai salon kecantikan atau toko kosmetik.

Mungkin zaman dulu wanita yang menggunakan bahan kecantikan yang berasal dari alam, terjadinya alergi atau iritasi kulit masih jarang terjadi. Namun sekarang sebaikya Anda berhati-hati sebab terkadang ada alat kecantikan yang menimbulkan masalah yang mengakibatkan iritasi bahkan sampai alergi terhadap kulit wajah saat perawatan. Sehingga bukan memberikan hasil yang baik namun menjadikan Anda resah gelisah karena wajah jadi lebam atau berjerawat.

Cara Mengatasi Alergi

Apakah anda pernah mengalami alergi? Apa yang anda lakukan jika terkena alergi? Sebenarnya untuk mengatasi alergi terlebih dahulu harus diketahui pencetusnya, kemudian melakukan mencegah pencetus itu dan baru mengobati alergi jika masih Nampak.

Bagi Anda yang menggunakan kosmetik kecantikan dan menimbulkan masalah pada kulit sebenarnya masalah ini yang sering menjadi pertanyaan saat melakukan perawatan wajah dengan menggunakan kosmetik kecantikan. Munculnya masalah ini timbul karena memang ada kontraindikasi antara kulit wajah dengan kosmetik yang digunakan, apakah asalanya dari dalam atau luar tubuh. Dan yang harus dilakukan adalah:

1. Menghentikan penggunaan kosmetik tersebut
2. Tidak mengkonsumsi makanan pencetus alergi seperti ikan laut dan telur
3. Minum anti biotik alami seperti air kelapa atau penetralisir, susu.
4. Minum obat anti alergi seperti CTM atau INCIDAL
5. Bersikap tenang tidak panik atau stress, karena biasanya stress akan membuat kondisi makin parah
6. Konsultasikan dengan Dokter jika diperlukan

Tips mencegah terjadinya alergi kulit akibat kosmetik kecantikan

Jika perawatan wajah yang anda lakukan diawal tidak mengalami masalah seperti gatal, ruam, rasa terbakar, bahkan jerawat, artinya produk tersebut aman untuk wajah anda. Tetapi kemudian dalam beberapa minggu timbul masalah tersebut, maka perhatikan lagi :

1. Lihat kembali kontra indikasi produk kecantikan yang anda pakai, jangan melanggar yang memang dilarang
2. Perubahan cuaca yang ekstrim. Hal yang wajar terjadi ketika anda menggunakan kosmetik dan tiba-tiba muncul rasa terbakar pada wajah anda.
3. Jika putus pakai dalam menggunakan kosmetik kecantikan, sebaiknya menggunakannya seperti saat awal pemakaian. Bukan memakainya seolah setiap hari pakai.

Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.