Mengatasi Sindrom Mata Kering Pada Waktu Hamil

Loading...

Mengatasi Sindrom Mata Kering Pada Waktu HamilMungkin Anda sudah tahu, selama waktu hamil keadaan wanita akan mengalami banyak kondisi seperti perubahan emosional begitu juga dengan fisik. Kondisi ini dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh. Salah satunya yang seringkali dialami oleh calon ibu yaitu berkaitan dengan sindrom mata seperti mata kering dan pandangan menjadi kabur.

Calon ibu yang memiliki diabetes biasanya akan lebih rentang terhadap beberapa komplikasi penglihatan, seperti pendarahan di mata dan penglihatan kabur. Selain sindrom mata kering, terdapat masalah penglihatan lainnya diantaranya kesulitan memakai lensa kontak karena perubahan ukuran kornea.

Lalu apa penyebab mata kering selama masa kehamilan selain perubahan hormonal? Terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan kekeringan mata pada wanita hamil.

Air mata manusia terdiri dari 4 komponen penting – air, elektrolit, protein, dan minyak lemak. Keseimbangan yang tepat dari 4 komponen ini penting untuk menjaga kelembaban mata.

Saat terjadi ketidakseimbangan komposisi, masalah mata seperti mata kering akan terjadi.

Kurangnya produksi air mata karena gangguan dalam mekanisme produksi air mata juga merupakan salah satu penyebab yang mempengaruhi mata selama kehamilan.

Selain penyebab ini, faktor-faktor seperti paparan mata terhadap radiasi (orang yang pernah menjalani perawatan laser mata lebih sering mengeluhkan mata kering), dan penggunaan obat-obatan tertentu (terutama pil KB dan anti depresan) dapat juga menyebabkan kekeringan mata.

Faktor lingkungan seperti terekspos ke iklim kering atau angin kering yang kuat dapat menyebabkan kekeringan pada mata.

Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dan penggunaan lensa kontak juga dapat menyebabkan kekeringan pada mata.

Perawatan dan Pengobatan

1. Untuk menghilangkan kekeringan mata, dokter mata mungkin merekomendasikan penggunaan obat tetes mata.

Meskipun tetes mata mudah ditemukan di apotek, disarankan untuk menggunakan tetes mata berdasarkan resep dokter.

Hal ini perlu dilakukan karena setiap resiko selama kehamilan perlu dihindari yang berpotensi membahayakan kesehatan ibu dan janin.

2. Lakukan beberapa langkah pencegahan. Langkah-langkah perawatan mata seperti membersihkan mata dengan air dingin setidaknya tiga kali sehari bisa dilakukan.

Memercikkan air dingin pada mata akan membuang kotoran dari mata dan membantu produksi air mata yang diperlukan untuk menyembuhkan mata kering.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan mata menggunakan kapas yang dibasahi dengan air mawar.

3. Karena kelembaban adalah elemen kunci untuk mengobati mata kering, langkah-langkah tertentu seperti penggunaan humidifier mungkin perlu dilakukan.

Humidifier sangat penting untuk menyingkirkan udara kering serta meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan.

4. Lakukan pijatan lembut pada kelopak mata untuk merangsang produksi lendir dari kelenjar di kelopak mata.

5. Mata harus dilindungi dari debu dan asap karena bahan kimia di udara membahayakan mata dan dapat menghambat produksi air mata.

Asap rokok juga berkontribusi pada terjadinya mata kering sehingga menjadi perokok aktif dan pasif harus dihindari.

6. Kekurangan vitamin A adalah penyebab potensial untuk kekeringan mata.

Buah-buahan dan sayuran berdaun hijau merupakan sumber kaya vitamin A sehingga harus menjadi bagian dari diet sehari-hari.

7. Minum banyak air, sekitar 2 liter sehari, akan membuat tubuh dan juga mata selalu dehidrasi.