Gatal dan Nyeri Anus akibat Ambeien

Loading...

Gatal dan Nyeri Anus akibat AmbeienAmbeien / wasir, atau yang dikenal di dunia medis dengan sebutan hemorrhoid, merupakan benjolan pada daerah anus yang disebabkan akibat pembengkakan dari pembuluh darah di dalamnya. Mengalami masalah gatal, nyeri akibat ambeien mengatasinya tidak hanya sekedar mengkonsumsi obat-obatan ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejalanya. Selain menghindarkan Anda dari kekambuhan di masa-masa selanjutnya.

Mencegah Terjadinya Ambeien

Menjauh dari masalah ambeien, yaitu dengan menghindari sembelit. Semuanya dapat teratasi dengan melakukan beberapa saran dibawah ini agar pencernaan Anda tetap lancar.

Konsumsi serat. Banyak mengkonsumsi serat maka akan dengan mudah melembutkan perjalanan sistem pembuangan Anda. Kandungan serat dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, roti gandum, sereal, serta buah-buahan segar dan sayur-mayur. Lebih lagi jika diperlukan Anda dapat mengkonsumsi suplemen tambahan serat. Tingkatkan konsumsi serat secara perlahan setiap hari untuk menghindari produksi gas berlebih dan kembung.

Minum cukup cairan. Mengkonsumsi cairan yang cukup dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Air putih dan jus buah dapat menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh Anda.

Aktif bergerak. Latihan aerobik teratur, seperti jalan cepat selama 20-30 menit setiap hari dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap bergerak aktif.

Gunakan Laksatif. Laksatif merupakan salah satu zat yang dapat melunakan proses feses Anda. Mungkin saja Anda membutuhkan dalam melancarakan aktifitas pembuangan Anda. Anda dapat membeli obat laksatif yang dijual bebas di apotek dan toko-toko obat terdekat namun tetap dalam resep dokter.

Lakukan Kebiasaan BAB yang benar. Anda tidak disarankan untuk berlama-lama duduk di atas WC. Jika tidak terjadi apa-apa dalam hitungan menit, bergegaslah pergi. Jangan tegang atau mengejan secara berlebihan ketika melakukan aktivitas rutin ini. Usahakan untuk BAB di waktu yang sama setiap hari.

Jangan menunda BAB. BAB memang dapat ditunda, namun sekali Anda menundanya, tekanan akibat dorongan feses pada anus akan semakin besar sehingga menyebabkan potensi terjadinya Ambeien semakin besar.

Mengatasi Nyeri dan Gatal

Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bantuan beberapa alat untuk meringankan ketidaknyamanan akibat rasa nyeri dan gatal yang ditimbulkan oleh wasir.

Pertama, lakukan mandi air hangat setiap kali Anda selesai BAB. Rendam tubuh Anda dalam bak berisi air hangat selama 20 menit. Setelah itu keringkan badan dengan handuk. Pada bagian anus, gunakan tissue yang lembut dengan cara ditepuk lembut untuk mengeringkannya. Jangan menggosok atau menepuk terlalu keras pada bagian ini.

Kedua, lakukan terapi kompres dingin. Caranya, dengan meletakkan es batu yang dibungkus kain atau handuk pada bagian tepian anus. Hal ini dapat membantu meringankan nyeri dan pembengkakan pada anus. Lalu, oleskan krim hidrokortison untuk meredakan nyeri dan gatal. Gunakan krim ini hanya untuk beberapa hari saja karena penggunaan krim hidrokortison selama lebih dari seminggu tidak disarankan, kecuali dengan anjuran dokter.

Jika nyeri terasa sangat mengganggu, Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang nyeri yang dijual bebas seperti Ibuprofen dan acetaminophen. Selama perawatan dilakukan, usahakan agar area sekitar anus tetap bersih, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman, serta hindari duduk di kursi yang memiliki permukaan keras.