Mengenal Anogenital PMS Kedua Setelah Klamidia

Loading...

Mengenal Anogenital PMS Kedua Setelah KlamidiaAnogenital merupakan penyakit menular seksual (PMS) kedua setelah klamidia. Ditandai dengan munculnya kutil kecil berdaging, benjolan atau perubahan kulit yang muncul di daerah alat vital pria maupun wanita. Penyakit ini sangat umum terjadi pada daerah luar seperti di Inggris.

Kemunculan kutil kelamin merupakan hasil dari infeksi kulit virus yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Mereka biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Namun kemunculannya membuat Anda tidak merasa nyaman dan menyebabkan tekanan psikologis. Ketika Anda takut kesuburan Anda tergganggu hal ini belum ada bukti jika kutil kelamin dapat berpengaruh pada kesuburan wanita.

Penyebab

Seperti kutil yang terjadi pada bagian tubuh manapun, Penyebab Kutil Kelamin adalah virus -HPV- yang menginfeksi lapisan permukaan kulit. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV, tetapi hanya beberapa yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Virus tersebut dapat menyebar dengan cepat melalui kontak seksual dengan mereka yang terinfeksi.

Dua dari tiga orang yang melakukan hubungan seksual dengan mereka yang memiliki kutil kelamin juga terkena penyakit ini. Biasanya dalam tiga bulan setelah melakukan kontak, tetapi terkadang sampai beberapa tahun.

Orang yang paling rentan terinfeksi virus HPV antara lain:

  • Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan banyak pasangan.
  • Memiliki penyakit kelamin lain.
  • Memiliki pasangan seksual yang terinfeksi baik anda ketahui maupun tidak.
  • Aktif secara seksual pada usia muda.

Ada lebih dari 100 jenis Human Papilloma Virus (HPV), dimana sebagian besarnya relatif tidak berbahaya. Dari 120 tipe HPV yang telah diketahui hingga saat ini, ada sekitar 30-40 tipe HPV yang menyerang area kelamin termasuk kulit penis, mulut vagina dan anus.

Gejala

Dalam banyak kasus kutil kelamin tidak menimbulkan gejala kutil kelamin apapun, tetapi biasanya timbul rasa gatal, terbakar, atau kulit menjadi lebih lembut dari biasanya yang dapat menyebabkan iritasi lokal tergantung pada lokasi infeksi.

Bila gejala kutil kelamin awal dibiarkan maka akan timbul benjolan kecil, lembut. Benjolan ini bisa berkumpul menjadi satu dan berbentuk seperti jengger ayam atau kembang kol di sekitar vagina, penis atau anus. Kadang-kadang kutil dapat tumbuh jauh di dalam vagina atau anus sehinga anda tidak dapat melihat atau merasakannya.Ciri – Ciri Kutil Genetalia

Sebagian besar orang tidak memiliki gejala kutil kelamin dan tidak tahu telah terinfeksi. Beberapa orang lain mengalami gejala yang sangat mengganggu sepert gatal-gatal atau nyeri di sekitar daerah kelamin. Nyeri ini dapat berubah menjadi rasa sakit saat berhubungan seksual atau kontak langsung dengan kulit. Wanita yang memiliki kutil kelamin dalam vagina mungkin akan mengalami perdarahan saat berhubungan seksual atau timbul keputihan yang abnormal.

Pada beberapa kasus, kutil kelamin juga dapat muncul di mulut, bibir, lidah, langit-langit mulut atau tenggorokan. Kutil kelamin biasanya berkembang 6 minggu sampai 6 bulan setelah infeksi terjadi. Tapi bisa memakan waktu lebih lama. Pada kasus yang jarang terjadi, kutil dapat menyebabkan perdarahan atau obstruksi kemih jika ia menginfeksi saluran uretra.