Kondisi yang Menyebabkan Rasa Terbakar di Dada

Loading...

Heartburn atau nyeri terbakar pada ulu hati merupakan gejala umum penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Tetapi beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan rasa terbakar di dada atau ulu hati yang ternyata setelah diperiksa merupakan penyakit serius. Memerlukan waktu yang banyak untuk dokter mengidentifikasi apakah gejala rasa terbakar di dada atau di ulu hati merupakan gejala dari GERD.

Ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan rasa terbakar di dada atau ulu hati:

Batu empedu
Meskipun batu empedu tidak selalu menyebabkan gejala, namun batu tersebut dapat menghalangi saluran empedu, sehingga dapat melukai, biasanya di sisi tengah atau kanan atas perut. Gejala nyeri dapat kram, kusam atau tajam dan sering menyerang beberapa menit setelah makan.

Hiatus hernia
Hiatus hernia terjadi ketika sebagian dari perut bagian atas melalui diafragma masuk ke dalam rongga dada. Hal tersebut dapat menyebabkan makanan dan asam lambung terdorong naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi seperti terbakar di dada.

Penyakit jantung
Angina, atau nyeri dada yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung dapat menyebabkan rasa seperti terbakar di dada atau ulu hati. “Namun ciri khas rasa terbakar di dada oleh karena penyakit jantung biasanya terjadi saat atau setelah melakukan aktivitas berat atau sedang,” kata Ryan Madanick, MD, seorang asisten profesor University of North Carolina School of Medicine.

Luka (ulkus) pada perut
Ulkus dapat menyebabkan sensasi terbakar, biasanya dirasakan di perut bagian atas. Rasa sakit tersebut dapat menemukan jalan sampai ke dada.

Gastroparesis
Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf yang dapat mempengaruhi kerja saluran pencernaan. Hal ini disebut gastroparesis, yang secara dramatis dapat memperlambat gerakan makanan melalui lambung dan dapat menyebabkan nyeri terbakar.

Pleuritis atau costochondritis
Peradangan dari lapisan paru-paru dan rongga dada, dikenal sebagai pleuritis atau radang selaput dada. Pleuritis dapat menyebabkan mulas seperti nyeri dada. “Dugaan pleuritis semakin kuat jika rasa sakit atau terbakar makin besar ketika mengambil napas dalam-dalam,” kata Dr Madanick.