Cara Perawatan Diri yang Meringankan Gejala Wasir

Loading...

Gejala wasir seringkali mengganggu bahkan dapat sangat menyiksa. Namun, sebenarnya terdapat usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan meringankan gejala wasir tersebut. Adapun usaha-usaha perawatan diri yang dapat meringankan gejala wasir.

Ada beberapa usaha perawatan diri yang dapat meringankan gejala wasir:

Mencoba obat wasir yang dijual bebas
Beberapa jenis obat tanpa resep atau yang dijual bebas menawarkan bantuan cepat untuk meringankan gejala wasir. Obat atau produk tersebut termasuk krim wasir, gel, busa, supositoria dan bantalan yang mengandung hidrokortison, atau obat konstriksi.

Mengonsumsi produk makanan berserat
Banyak orang merasa sulit untuk mendapatkan serat yang cukup dalam diet mereka untuk menghasilkan kotoran yang lebih lunak, yang dapat mengurangi risiko dan rasa sakit dari wasir.

Gunakan terapi air
Air dapat sangat menenangkan untuk wasir yang sedang meradang, nyeri, dan gatal. Kompres dingin atau merendam daerah dubur dalam air hangat selama sekitar 10 menit beberapa kali sehari juga dapat sangat membantu.

Mengonsumsi lebih banyak serat
Serat membantu menghindari sembelit dan melancarkan buang air besar, yang keduanya merupakan faktor risiko utama untuk wasir. Diet tinggi serat juga mengurangi rasa sakit dari wasir dengan membuat kotoran menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Melakukan latihan fisik yang cukup
Latihan fisik adalah komponen kunci untuk mencegah dan mengobati wasir. Jika kehidupan sehari-hari atau pekerjaan memungkinkan duduk untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk bangun dan bergerak di sekitar selama beberapa menit setiap jam.

Mengonsumsi banyak air
Air adalah elemen kunci untuk menghasilkan tinja yang lebih lunak yang pada gilirannya dapat mengurangi rasa sakit dari wasir. Minum cukup air juga dapat membantu mencegah wasir.