Gejala Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai

Loading...

Saat musim hujan mulai datang di wilayah Indonesia, semakin banyak ditemui banjir dan genangan air. Adalah kewajiban Anda untuk menjaga kebersihan dimanapun Anda berada. Jangan biarkan ruang-ruang lembap, pakaian-pakaian bergelantungan dan tumpukan barang bekas karena nyamuk akan mengincar tempat-tempat seperti itu.

Berikut beberapa gejala yang harus diwaspadai:

1. Gejala demam berdarah  akan diawali oleh perasaan menggigil, nyeri kepala, nyeri  saat menggerakan bola mata, dan nyeri punggung.
2. Sakitan pada tungkai dan sendi akan terjadi beberapa jam sejak gejala demam berdarah mulai dirasakan sakit.
3. Ruam demam berdarah mempunyai ciri-ciri merah terang, petekial dan biasanya mucul dulu pada bagian bawah badan – pada beberapa pasien, ia menyebar hingga menyelimuti hampir seluruh tubuh.
4. Radang perut bisa juga muncul dengan kombinasi sakit di perut, rasa mual, muntah-muntah atau diare, pilek ringan, disertai batuk-batuk.
5. Suhu tubuh akan meningkat dengan cepat mencapai 40 derajat celcius dengan detak nadi yang normal serta tekanan darah yang cenderung turun.
6. Bola mata akan tampak kemerahan. Kemerahan juga tampak pada wajah yang dengan cepat akan menghilang.
7. Kelenjar pada leher dan tenggorokan terkadang ikut membesar.

Gejala ini berlangsung selama 2 hari, kemudian suhu akan turun dengan cepat dan produksi keringat meningkat, jangan langsung merasa sudah sembuh, karena sehari berikutnya suhu tubuh akan mengingkat lagi dengan cepat. Sebaiknya jika menemui gejala demam berdarah jangan melakukan aktivitas berat apapun. Kondisi waspada ini perlu disikapi dengan pengetahuan yang luas oleh penderita maupun keluarga yang harus segera konsultasi ke dokter apabila pasien/penderita mengalami demam tinggi 3 hari berturut-turut.