Menjaga Kesehatan Jantung dan Tulang Dengan Singkong

Loading...

Menjaga Kesehatan Jantung dan Tulang Dengan SingkongWalau singkong sering kalah pamor dengan keju, namun sebenarnya manfaat singkong untuk kesehatan amat besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa singkong ternyata mampu membuat jantung sehat dan tulang kuat.

Berikut ini antara lain manfaat dari singkong, seperti dilansir situs Nutrition and You.

– Kandungan kalori singkong cukup tinggi, bahkan mencapai 2 kali kalori kentang. Dalam 100 gr singkong didapat 160 kalori, hingga dapat menjadi makanan alternatif sumber kalori selain nasi.

– Kandungan lemak dalam singkong rendah, dibanding dengan kacang-kacangan dan sereal. Namun proteinnya cukup tinggi jika dibanding makanan seperti kentang, pisang dan ubi.

– Vitamin K dalam singkong dapat menjadi nutrisi yang membantu pembentukkan massa tulang. Ini membuat resiko penyakit osteoporosis menurun dan tulang menjadi lebih kuat.

– Vitamin K juga baik untuk pengobatan penyakit Alzheimer karena membatasi berkembangnya kerusakan syaraf otak.

– Singkong kaya vitamin B kompleks dan B6 yang dibutuhkan dalam pembentukkan darah, hingga baik untuk pasien anemia .

– Singkong yang direbus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, hingga baik untuk menurunkan resiko sakit jantung. Selain itu, serat yang dikandung oleh singkong pun baik untuk pencegah penyakit kanker usus, membantu mengendalikan diabetes, serta stroke.