Cara Penanganan Persalinan Hamil Kembar

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comKarena penyulit kehamilan kembar terjadi gangguan kontraksi otot rahim. Kelambatan persalinan dan perdarahan postpartum, dan bayi premature, maka persiapan pertolongan persalinan perlu lebih cepat dan tepat. Persiapan darah ibu perlu dilakukan  dan pertolongan bayi premature dengan lebih baik.

Penanganan kala pertama dilakukan seperti biasa. Setelah anak pertama lahir segera dilakukan pemeriksaan luar dan dalam untuk menetapkan posisi anak kedua.

Pada umumnya anak kedua lahir dalam waktu 10 sampai 15 menit. Bila kedudukan anak kedua membujur, dapat ditunggu sampai terjadi his, selanjutnya ketuban dipecahkan dan persalinan ditolong spontan belakang kepala atau pertolongan letak sungsang.

Apabila anak kedua letak lintang dapat dilakukan versi luar menjadi letak membujur. Seandainya letak lintang disertai gawat janin maka versi ekstraksi letak lintang adalah bila ketuban pecah disertai prolapsus fusikuli atau solusio plasenta.

Dalam pertolongan persalinan hamil kembar dapat dilakukan operasi persalinan primer bila berhadapan dengan:

1. Hamil kembar dengan anak pertama lintang

2. Prolapsus funikuli

3. Plasenta previa

4. Dua bagian janin masuk bersamaan pada pintu atas panggul.

Kesulitan lain yang mungkin terjadi adalah interlocking, dimana setelah badan bayi pertama lahir, maka kedua dagu bayi saling tersangkut.

Keadaan ini jarang terjadi karena kehamilan kembar pun tidak banyak. Segera setelah plasenta lahir diberikan uterotonika untuk menghindari perdarahan.