4 Cara Menjaga Kebugaran Saat Bekerja di Kantor

Loading...

Cara Menjaga Kebugaran Saat Bekerja di Kantor

Di kantor banyak karyawan yang malas untuk melakukan olah raga ringan di waktu senggang. Meskipun sebenarnya sedikit gerakan dapat menurunkan keluhan pegal – pegal.

Terlalu lama duduk dan memandang monitor komputer menyebabkan tubuh mudah lelah. Akibatnya adalah tubuh terasa lemas serta pegal – pegal. Kondisi ini akan bertambah kronis dengan mengkonsumsi makan siang yang berlebihan.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Fakultas Kedoketran di Kampus Alberta Kanada melaporkan bahwa mereka yang bekerja terlalu lama di belakang meja seperti dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore bisa dipastikan mengeluh pegal – pegal pada bagian punggung.

Lalu kaku dibagian otot – otot tubuhnya. Ini disebabkan karena rutinitas bekerja duduk terlampau lama. Sehingga menyebabkan adanya penyumbatan pada pembulu darah.

Untuk mengatasi hal tersebut di atas, jaga kebugaran di kantor dengan cara berikut ini yang dapat dilakukan di belakang meja, antara lain sebagai berikut :

1. Latihan peregangan dengan rutin dan teratur

Latihan yang dimaksudkan adalah terhadap tangan, kaki, leher, serta dada bisa dilakukan sambil duduk seperti berikut ini : leher : dengan cara gerakan perlahan – lahan ke atas serta ke bawah, lalu ke kiri dank e kanan beberapa kali.

Bahu : putar bahu ke depan kiri dank e kanan sebanyak 10 kali. Tujuan gerakan – gerakan ini adalah untuk menolong melepas pegal – pegal dari bahu.

Sedangkan untuk bagian lengan bisa dengan jalan memperlebar tangan seukuran bahu, lalu lakukan peregangan.

Pergelangan tangan dan kaki : putar – putar pergelangan tangan serta kaki tiap – tiap jam. Putar pergelangan tangan serta kaki searah jarum jam lalu arah demikian sebaliknya.

Hal tersebut di atas bertujuan untuk membantu menghindar carpal tunnel syndrome, terutama jika menghabiskan waktu terlalu banyak untuk mengetik.

Dada : apabila terlalu sering membungkuk di depan keyboard komputer. Buka dada lebar – lebar lalu putar pergelangan tangan dengan cara eksternal (posisi jempol naik turun) dan tarik bahu kembali.

Perut : peregangan bisa dilakukan dengan jalan menarik otot perut lantas menahannya selama beberapa detik dan bebaskan.

2. Tarik nafas dalam – dalam

Tarik nafas dalam – dalam dengan menggunakan otot perut, tahan perut selama beberapa detik lalu bebaskan berbarengan dengan mengeluarkan nafas.

Bila memungkinkan cobalah hirup hawa udara segar di luar ruang kantor selama beberapa jam. Ini bagus untuk paru – paru serta pikiran. Dapat membantu relaksasi sehingga tubuh menjadi lebih fresh.

3. Minum air putih dalam jumlah yang mencukupi

Apabila air dikonsumsi dalam jumlah yang mencukupi oleh tubuh akan membuat seseorang lebih siaga dan sehat.

4. Istirahatlah sesaat dari monitor

Alihkan konsentrasi dan perhatian dari monitor komputer masing – masing 30 menit atau lebih dengan memfokus panorama lain seperti jendela, jam, meja atau benda di sekitar ruang.

Ini bisa membantu gerakan mata untuk mengurangi iritasi mata disertai sakit kepala. Lakukan relaksasi mata dengan pemijatan yaitu memejamkan mata dengan cara santai sepanjang 30 detik.

****

Demikian beberapa cara menjaga kebugaran di kantor. Semoga bermanfaat.