4 Tips Kesehatan Menjaga Kekebalan Tubuh dari Serangan Penyakit

Loading...

Tips Kesehatan Menjaga Kekebalan Tubuh dari Serangan Penyakit

Tidak ada seorang pun yang mau terkena serangan suatu penyakit ? Maka dari itu, ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga dan mencegahnya.

Menurut pendapat beberapa ahli menjelaskan bahwa kesehatan adalah kondisi fisik dan psikis yang bukan sekadar sebuah usaha untuk menghilangkan penyakit.

Kesehatan merupakan sumber energi kehidupan yang sedang dijalani sehari – hari. Di dalamnya tercakup rancangan positif yang menonjol kepada sumber energi kepribadian, sosial dan keterampilan fisik.

Banyak manfaat kesehatan untuk diri anda antara lain bisa untuk melakukan aktivitas keseharian, mempercepat proses kegiatan sehari – hari yang dimaksudkan, memiliki kesenangan karena sedang tidak menderita sakit dan dapat merasakan kehidupan dalam kondisi sehat serta bisa melakukan ibadah kepada Tuhan dengan baik.

Di bawah ini kami berikan beberapa tips kesehatan menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit antara lain sebagai berikut:

1. Rajin makan sayuran hijau

Seperti diketahui bahwa sayuran hijau yang berdaun kaya akan kandungan vitamin yang dapat membantu anda dalam menjaga diet yang seimbang. Juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut pendapat ahli yang dilakukan terhadap percobaan dilakukan pada tikus, mereka makan sayuran circiferous seperti brokoli, kembang kol, dan kol, ternyata bisa untuk membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang memiliki fungsi untuk dapat meningkatkan protein pada permukaan sel.

Ini diperlukan untuk mendorong sistem kerja kekebalan tubuh menjadi lebih optimal. Penelitian selanjutnya adalah terlihat pada tikus sehat yang tidak diberi makan sayuran hijau justru mengalami penurunan zat protein pada permukaan sel sebesar 70 s/d 80 persen.

2. Konsumsi vitamin D secara rutin

Seperti diketahui bahwa kekurangan vitamin D bisa memicu munculnya gejala seperti pertumbuhan tulang yang kurang sehat. Contohnya adalah masalah jantung disertai sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Makanan dan minuman yang banyak mengandung sumber vitamin D yang terbanyak adalah kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna dan hati sapi.

Anda dapat juga membeli suplemen vitamin D dan pilihlah yang banyak mengandung zat D3 / cholecalciferol karena bagus untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

3. Olahraga teratur

Anda dapat memulai dengan melakukan olahraga yang ringan – ringan saja seperti jalan kaki. Olahraga yang dilakukan secara teratur akan menyebabkan tubuh menjadi bugar dan langsing.

Di samping itu, sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa olahraga dengan teratur mampu mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta membantu mempercepat peredaran sel – sel darah putih di dalam melawan penyakit.

4. Rutin minum teh hijau

Teh hijau erat hubungannya dengan kesehatan tubuh yang baik. Manfaat jenis teh yang satu ini adalah tinggi kandungan antioksidan yang dikenal dengan istilah flavonoid. Sehingga bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah resiko terserang penyakit kardiovaskular.

Demikianlah kami menjelaskan dengan singkat tentang cara menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Semoga bisa bermanfaat.