Waspada Terhadap kadar Hormon Estrogen yang Berlebih

Waspada Terhadap kadar Hormon Estrogen yang BerlebihEstrogen sangat erat kaitannya dengan perkembangan reproduksi dan seksual, terutama pada wanita. Estrogen biasa juga disebut dengan hormon seks. Istilah “estrogen” mengacu pada semua hormon kimiawi serupa dalam kelompok ini, estrone, estradiol (primer pada wanita usia reproduksi) dan estriol.

Lalu apa Fungsi dari Estrogen?


Pada wanita, estrogen diproduksi dalam ovarium dan juga diproduksi oleh sel-sel lemak dan kelenjar adrenal. Pada masa pubertas, estrogen berperan penting dalam pengembangan karakteristik seks sekunder, seperti payudara, rambut kemaluan dan rambut ketiak.

 

Efek Samping Kelebihan Estrogen

Meskipun ada banyak manfaat untuk estrogen dapat menjadi hal yang buruk dalam beberapa kasus. Misalnya, kadar estrogen yang berlebih dapat menyebabkan peningkatan risiko cedera. Sebuah studi 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa risiko cedera ligamen dapat diatasi dengan penggunaan kontrasepsi oral.

BACA JUGA:  Pendarahan Berlebihan Ketika Menstruasi

Sebagian besar kanker payudara juga sensitif terhadap estrogen, yang berarti bahwa estrogen meningkatkan pertumbuhan tumor. Kanker ini disebut reseptor hormon kanker payudara positif. Seseorang yang mengalami kanker disebabkan oleh hormon estrogen yang berlebih maka perawatannya dengan memblokir produksi estrogen. Hal ini dapat digunakan untuk membantu mencegah kambuhnya kanker setelah operasi, atau untuk memperlambat pertumbuhan kanker.

Menurut penelitian di University of Houston, mengatakan bawah alkohol dapat meningkatkan risiko seorang wanita dari kanker payudara hormon-reseptor-positif. Alkohol juga meningkatkan efek dari estrogen dalam mendorong pertumbuhan sel kanker payudara.

BACA JUGA:  Cara Penanganan dan Penyembuhan Penyakit Kista

Endometriosis adalah penyakit estrogen-dependent lain. Mengurangi kadar estrogen dan menyediakan perawatan non-estrogen semuanya telah dipertimbangkan untuk pengobatan endometriosis. Masalahnya adalah bahwa mengurangi kadar estrogen pada wanita dapat menyebabkan kemandulan.

Sebuah studi oleh Perempuan Health Initiative menunjukkan bahwa terapi hormon pengganti – baik semata-mata estrogen dan estrogen-dan-progestin – memiliki risiko yang signifikan. Ini meningkatkan risiko kanker payudara, stroke dan pembekuan darah dan tidak, seperti yang diperkirakan, menurunkan risiko penyakit jantung.

Kekurangan Hormon Estrogen

Ketika seorang wanita kekurangan dari hormon estrogen maka tanda dan gejalanya akan bervariasi tergantung pada seberapa berat rendahnya kadar estrogen pada seorang wanita. Jika ingin mengetahui beberapa tanda dari dan gejala kekurangan hormon estrogen maka orang itu akan mengalami gangguan tidur, ketidakmampuan untuk fokus. Gangguan tidur ini mungkin akibat dari kombinasi jantung berdebar-debar, hot flashes, berkeringat di malam hari, dan menggigil dingin.

BACA JUGA:  Menometroragia Untuk Mengatasi Gangguan Pada Alat Reproduksi Wanita

Gejala lain akibat hormon estrogen yang rendah yaitu nyeri sendi , sakit kepala, kulit kering dan vagina mengering, tulang menjadi rapuh dan mudah patah, meingkatnya resiko infeki kandung kemih. Setiap kombinasi dari tanda-tanda dan gejala estrogen rendah ini dapat menyebabkan depresi berat.