Posisi Tidur Bersandar Pasca Melahirkan

Loading...

Posisi Tidur Bersandar Pasca MelahirkanSelamat atas kelahiran Anda tentunya hal itu merupakan kebahagian tersendiri bagi setiap wanita melahirkan seorang anak dan tentunya hal itu memberikan kehangatan baru dalam keluarga. Namun sebagian dari ibu yang baru saja melahirkan biasanya mengalami beberapa masalah dalam pola tidur seperti kesulitan tidur setelah melahirkan.

Banyak ibu yang baru saja melahirkan memberikan masukan seputar masalah posisi yang baik pasca melahirkan. Posisi manakah yang paling aman untuk dilakukan. Sebetulnya bagi wanita yang baru saja melahirkan tidak ada posisi yang menentukan baik tidaknya artinya terserah mana yang dirasakan oleh ibu lebih nyaman, misalnya terlentang atau baring kanan atau kiri.

Namun satu hal yang tidak boleh dilakukan yaitu tidur dengan bentuk tengkurap terutama awal-awal melahirkan. Tidak ada posisi tidur khusus bagi ibu setelah melahirkan. Tidak benar juga anggapan bahwa posisi tidur harus duduk dan setengah duduk bagi ibu setelah melahirkan.

Satu hal lagi yang bisa kami tambahkan disini seputar larangan tidur siang bagi ibu yang baru saja melahirkan, sebetilnya tidak ada bukti ilmiah bahwa tidur siang membahayakan. Malahan jika di larang bisa jadi ibu kekurangan tidur yang akan berdampak pada kurangnya kualitas dan kuantitas ASI.

Lebih baik ibu cukup tidurnya dan di usahakan jika bayi tidur ibu juga ikut tidur sehingga cukup tidur. Bisa jadi jika bayi tidur kemudian ibu tidak tidur dan aktifitas kemudian ketika ibu ingin tidur karena mengantuk atau kecapekan bayi malah baru bangun.