Waspada Minuman yang dapat Meningkatkan Asam Urat

Loading...

Waspada Minuman yang dapat Meningkatkan Asam UratAsam urat atau dalam bahasa kedokteran disebut Gout adalah merupakan jenis arthritis. Hal ini dapat menyebabkan serangan nyeri mendadak, kekakuan, dan pembengkakan pada sendi, dan biasanya menyerang pada bagian jempol kaki.

Rasa nyeri sendi yang dirasakan penderita biasanya cukup hebat. Serangan ini bisa terjadi berulang kecuali gout segera diobati. Dalam waktu yang lama maka penyakit ini dapat membahayakan sendi, tendon, dan jaringan lain.

Peradangan ini disebabkan oleh reaksi jaringan sendi terhadap pembentukan kristal urat yang bentuknya menyerupai jarum. Antara pria dan wanita penyakit ini lebih sering dan lebih umum terjadi pada pria.

Ketika memeriksakan kondisi anda pada dokter, dalam hal makanan dan minuman, biasanya akan meminta para pasiennya untuk mengurangi atau membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak purin. Purin dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan tinggi protein dan beberapa jenis minuman.

Dalam tubuh, purin akan diubah menjadi asam urat, yang berarti dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh, yang akan memicu terjadinya serangan gout. Di bawah ini kami memberikan beberapa jenis minuman yang membahayakan masalah anda sebaiknya anda hindari bila sedang berusaha untuk menurunkan kadar asam urat Anda.

Bir

Dalam kandungan minuman bir, terdapat banyak purin yang sangat berhubungan dengan terjadinya serangan gout. Penelitian menemukan bahwa seorang penderita gout yang mengkonsumsi 2.5 L bir setiap harinya memiliki resiko 1.5 kali lebih tinggi untuk mengalami serangan gout dibandingkan dengan penderita yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Bir sangat buruk bagi anda bila anda cukup mudah mengalami serangan gout karena mengandung banyak alkohol dan ragi, yang dapat memicu terjadinya serangan gout.

Minuman beralkohol

Walaupun bir merupakan minuman terburuk bagi seorang penderita gout, akan tetapi berbagai jenis minuman beralkohol sebenarnya dapat memicu terjadinya serangan gout pada orang yang memang rentan terhadap penyakit ini. Hal ini dikarenakan minuman beralkohol akan membuat ginjal mengeluarkan alkohol dari dalam tubuh daripada asam urat. Akibatnya, asam urat akan menumpuk di dalam darah, yang dapat memicu terjadinya serangan gout dalam waktu 1-2 hari kemudian.

Minuman Bersoda

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berbagai jenis minuman manis dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan gout, baik pada wanita maupun pria. Sebuah penelitian besar menemukan bahwa hanya dengan mengkonsumsi 1 gelas minuman manis setiap harinya seorang wanita akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan gout (2 kali lipat) dibandingkan dengan wanita yang jarang mengkonsumsi minuman manis (kurang dari 1 gelas setiap bulannya).

Jus Jeruk

Memang benar bahwa berbagai jenis jus buah yang mengandung gula dan pemanis dapat meningkatkan terjadinya serangan gout, akan tetapi begitu pula halnya dengan jus buah yang hanya mengandung pemanis alami. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berbagai jenis jus buah yang mengandung banyak fruktosa dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan gout.

Kafein

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kafein mungkin dapat membantu mencegah terjadinya serangan gout karena kafein memiliki struktur kimia yang hampir sama dengan berbagai jenis obat gout. Akan tetapi, beberapa penelitian lainnya menemukan bahwa meningkatkan jumlah kafein yang Anda konsumsi justru dapat memicu terjadinya serangan gout. Peningkatan jumlah kafein yang dikonsumsi hingga dua kali lipat dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan gout hingga 80%! Jadi, bagi anda yang hobi mengkonsumsi teh atau kopi tetapi juga menderita gout, pastikan saja anda tidak mengkonsumsi keduanya secara berlebihan.

Minuman Energi

Selain kopi dan teh, berbagai jenis minuman energi juga mengandung kafein. Perlu diingat pula bahwa minuman energi mungkin mengandung banyak gula, yang dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan gout.