Bahaya Minum Kopi saat Kehamilan Pertama

Loading...

Para ahli memeringatkan bahwa wanita hamil yang memiliki hobi minum kopi. Asupan kopi berlebihan selama kehamilan dapat memengaruhi kesehatan bayi dan ibu serta meningkatkan risiko keguguran. Badan Standar Makanan Inggris bahkan merekomendasikan asupan kafein 200mg selama kehamilan dalam sehari. Para pakar obstestri dan ginekolog  ‘mengharamkan’ asupan kopi selama tiga bulan pertama kehamilan.

Secangkir kopi dapat berisi kafein enam kali lebih banyak daripada dari warung kopi lainnya. Kelebihan asupan kafein selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran dengan berat kurang, atau keguguran janin. Bayi yang lahir dengan berat kurang berisiko lebih tinggi mengalami masalah jantung dan kardiovaskular di kemudian hari. Karena sumber kafein lain diantaranya dalam teh, cokelat, minuman ringan dan beberapa jenis obat-obatan.

Kandungan kafein bervariasi. Namun batas aman yang disarankan adalah 400 – 500mg kafein per hari, yang memberi manfaat bagi kesehatan. Wanita hamil untuk menjaga asupan kafein hanya 200mg per hari. Kopi tanpa kafein bisa memastikan ibu hamil menghindari kafein saat menikmati kopi.