Peran Akupunktur pada Stroke

Loading...

Peran Akupunktur pada StrokeStroke adalah sindrom klinis yang awal timbulnya mendadak, progresif cepat, berupa gangguan neurologis fokal dan atau global, yang berlangsung 24 jam atau lebih yang dapat langsung menimbulkan kematian, dan semata mata disebabkan gangguan peredaran darah otak non traumatik, kebanyakan (80 %) disebabkan disebabkan oleh infark otak baik karena emboli, aterotrombotik atau lakuner ( oklusi arteri perforans kecil ).

Dapat pula disebabkan oleh perdarahan intraserebral (15 %) dan perdarahan subarakhnoid (5 %), serta penyebab lain yang menimbulkan infark atau perdarahan.

Gejala Stroke:
Secara sepintas dapat berupa parese wajah, atau anggota badan, gangguan sensibilitas, perubahan mendadak status mental, afasia, disartria, gangguan penglihatan, ataksia, vertigo, mual, muntah, nyeri kepala.

Stroke merupakan keadaan yang banyak dijumpai di masyarakat luas dan merupakan beban bagi penderita dan keluarganya karena gangguan kelumpuhan yang diderita oleh penderita.

Upaya rehabilitasi penderita stroke merupakan hal penting supaya penderita dapat berfungsi semaksimal mungkin dalam hidupnya dan tidak membebani orang lain.

Akupunktur sebagai salah satu cara pengobatan yang telah dikenal lama dapat berperan serta dalam upaya pengobatan penderita pasca stroke disamping upaya medis yang telah dilakukan.

Tinjauan Stroke Dalam Ilmu Akupuntur
Dalam ilmu akupunktur stroke dapat disebabkan oleh; Yang api dalam hati; diidentikkan dengan sebuah pohon yang makin tinggi makin mudah tergoyang puncaknya demikian juga hati yang bersimbul kayu itu antara lain bisa disebabkan karena kemarahan, agitasi, minum alkohol atau makan yang berlebihan, bekerja berlebihan ataupun stres, serangan angin patogen luar yang menyebabkan bergejolaknya api hati sehingga Qi dan darah naik keatas bersama lendir. Dan juga dapat disebabkan oleh defisiensi ginjal, atau pemasukkan makanan yang tidak teratur yang mengganggu fungsi transportasi dan transformasi limpa sehingga menyebabkan terbentuknya lendir dari reak yang mengumpul dan menjadi panas, dengan demikian terjadi ke tidakseimbangan Yin dan Yang organ dalam.

Stroke berat menyerang organ dalam dan meridian, sedangkan stroke ringan hanya menyerang meridian. Meridian yang terkena biasanya adalah meridian Yang Ming Tangan dan Yang Ming Kaki.

Stroke berat ditandai dengan adanya penurunan kesadaran, koma dan afasia. Stroke jenis ini terbagi atas 2 macam tipe yaitu tipe tense (closed) & tipe flaccid (open). Stroke ringan hanya menyerang meridian yang ditandai dengan adanya hemiplegi, afasia, paralise fasialis, kekakuan atau kontraksi otot.

Peranan Akupuntur
Pengobatan untuk stroke ini dikenal sejak 770 – 221 SM yang tercatat dalam buku “ The Emperor’s Canon of Internal Medicine “. Stroke merupakan kelainan neurologis paling banyak yang terdapat di klinik‐klinik akupunktur di Cina.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pasien stroke yang mendapat pengobatan akupunktur pulih lebih cepat dan mempunyai perbedaan bermakna dalam perbaikan keseimbangan, mobilitas, kegiatan sehari hari, kualitas hidupnya dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan pengobatan dengan akupunktur.

Pengobatan akupunktur memperbaiki sirkulasi darah ke otak dan meningkatkan tekanan parsial oksigen serta supply zat makanan ke daerah otak yang terletak di sekeliling daerah yang terkena stroke.