Kista Vagina dan Anteversio Uteri

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comKista Vagina

Kista vagina sebagian besar dijumpai secara kebetulan. Kista vagina berasal  dari sisa duktus Gartner atau duktus Muller.

Pada kista vagina yang tidak terlalu besar tidak memerlukan pengobatan dan dapat dibiarkan serta tidak akan mengganggu kehidupan rumah tangga.

Bila pada saat persalinan terjadi gangguan penurunan bagian terendah karena kista vagina, kista tersebut dapat dipungsi sehingga cairannya keluar dan selanjutnya memperlancar proses persalinannya.

Anteversio Uteri

Sebagian besar kedudukan uterus adalah anteversio dan antefleksio. Anteversio uteri artinya kedudukan uterus secara menyeluruh jatuh ke depan dari sumbu badan, sedangkan antefleksio uteri adalah sudut ke arah dengan dari rahim dalam hubungannya dengan serviks uteri.

Dalam perjalanan keseluruhan tidak akan terjadi gangguan apapun dengan semakin besarnya pertumbuhan rahim dengan makin tuanya hamil.

Kejadian anteversio uteri gravid dijumpai pada kehamilan grandemultipara karena lemahnya dinding otot perut atau pada primigravidi dijumpai pada kemungkinan kesempitan pintu atas panggul.

Pada saat inpartu dengan anteversio uteri gravid dapat dijumpai kelambatan pembukaan karena arah kekuatan his tidak tertuju pada kanalis servikalis. Untuk dapat mengatasi keadaan tersebut ibu hamil inpartu diminta untuk tidur terlentang selama persalinan, sehingga kekuatan his mengejan dapat diarahkan menuju jalan lahir.