Hipertensi dan Penyakit Paru Yang Menyertai Kehamilan

Loading...

https://www.ilmukesehatan.comHipertensi (tekanan darah tinggi)

Yang dimaksud dengan hipertensi disertai kehamilan adalah hipertensi yang telah ada sebelum kehamilan. Apabila dalam kehamilan disertai dengan proteinuria dan edema maka disebut pre-eklampsia yang tidak murni atau superimposed pre-eklampsia. Penyebab utama hipertensi pada kehamilan adalah hipertensi esensial dan penyakit ginjal.

Hipertensi Karena Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal yang dapat meningkatkan tekanan darah diantaranya glomerulone fritis akut atau kronis dan pielonefritis akut atau kronis.

Gejala penyakit ginjal pada kehamilan disertai hipertensi adalah suhu badan yang meningkat dan gangguan miksi. Bidan yang menghadapi keadaan tersebut sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter, puskesmas atau ditempat dengan kelengkapan yang cukup.

Pengawasan kehamilan dengan hipertensi pada penyakit ginjal dilakukan dengan disertai pemeriksaan laboratorium.

Penyakit Paru-Paru dan Kehamilan

Pada persalinan kala II, diafragma dan paru-paru dapat membantu mempercepat persalinan dengan jalan mengejan dan menahan nafas.

Dengan demikian penyakit paru-paru perlu mendapat perhatian karena selama hamil paru-paru penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin melalui pertukaran CO2 dan O2.

Gangguan fungsi paru-paru yang berat sebagai penyalur O2 dan pengeluaran CO2 dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan janin sampai dengan keguguran.