Perbedaan Tingkat Kebugaran Pria dan Wanita Jauh Berbeda

Loading...

Perbedaan Tingkat Kebugaran Pria dan Wanita Jauh BerbedaDalam hal kebugaran level fit seorang pria memang lebih tinggi dari pada seorang wanita. Sebab, tubuh wanita dan pria itu sangat jauh berbeda. Bukan hanya memiliki hormon dan tubuh yang berbeda, bahkan untuk pembentukan otot pun, wanita tidak akan bisa memiliki otot besar seperti pria secara alami.

Seperti yang didapatkan oleh ilmu kesehatan, dari sebuah sumber paling tidak, ada 4 hal yang membedakannya, antara lain adalah:

Testosteron

Dibanding pria dan wanita, pria lebih banyak memiliki kadar testosteron. Sedangkan wanita memiliki estrogen lebih banyak dibandingkan pria. Testosteron adalah merupakan hormon yang membantu tubuh dapat membentuk otot dan semua ciri khas fisik pria, sedangkan estrogen menyebabkan pertumbuhan sel-sel lemak dan penanda lain dari seksualitas perempuan. Itulah mengapa wanita tidak dapat membentuk otot besar-besar seperti pria, karena kurang testosteron.

Penurunan berat badan

Cara menurunkan berat badan yang paling mudah adalah dengan membangun otot. Sayangnya, membangun otot tidak mudah untuk wanita, karena kurang testosteron. Itulah mengapa wanita juga susah menurunkan berat badan, karena kebanyakan memiliki sel-sel lemak yang dipengaruhi banyaknya hormon estrogen.

Fleksibilitas

Wanita jauh lebih fleksibel dari pria. Dalam hal ini Anda boleh bangga, Ladies. Ini karena tulang wanita lebih pendek dan tidak terlalu bersudut. Tulang wanita lebih membundar, dan tulang pinggul wanita lebih fleksibel dari pria.

Indeks massa tubuh dan massa otot

Pria memiliki otot yang bisa membentuk kotak-kotak karena pengaruh tingginya hormon testosteron. Ini juga yang menjadikan massa tubuh pria lebih ringan dari wanita. Ini karena lemak pada wanita lebih banyak dan kurangnya massa otot pada tubuh wanita.

Jadi, jika Anda membandingkan kebugaran Anda dengan pria, meskipun sama-sama berolahraga, tingkat kebugaran wanita tetap tidak bisa menyaingi pria.