5 Cara Melatih Keseimbangan Tubuh

Loading...

Keseimbangan Tubuh

Seperti diketahui bahwa olahraga wajib untuk dilakukan. Salah satu tujuannya adalah untuk membentuk tubuh dengan mengurangi berat badan.

Namun pernahkah anda berpikir untuk menjadikan olahraga sebagai cara untuk melatih keseimbangan tubuh?

Keseimbangan tubuh sangat diperlukan dalam beragam aktivitas harian. Salah satu fungsi menjaga keseimbangan tubuh adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak secara keseluruhan.

Melatih keseimbangan sangat bermanfaat untuk menunjang kebugaran. Profesor Fisioterapi di Winston Salem State University, Amerika Serikat A. Lynn Millar menjelaskan bahwa latihan fisik yang dilakukan secara rutin dapat membantu anda untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Nah, bagaimana cara melatih keseimbangan tubuh? Karena memiliki keseimbangan tubuh bermanfaat dalam mendukung mobilitas, mengurangi cedera, dan memperkuat fisik selama berolahraga.

Disarankan untuk melakukan beberapa cara guna melatih keseimbangan tubuh berikut ini :

1. Berdiri dengan satu kaki

Dalam prosesnya, anda dapat melakukan beberapa langkah yaitu jadikan salah satu kaki untuk menjadi tumpuan berat tubuh anda.

Lalu angkat kaki lainnya ke samping atau ke belakang. Lakukanlah dengan kedua kaki secara bergantian selama rentang waktu sekitar 30 detik.

2. Berjalan dengan menggunakan tumit dan jari kaki

Berjalan memakai tumit dan jari kaki. Berjalan dengan langkah yang satu ini adalah salah satu cara untuk melatih keseimbangan tubuh yang sangat mudah untuk dilakukan.

Lakukan sebanyak 20 langkah ke depan dengan bergantian antara tumit dan jari – jari kaki. Lakukan juga gerakan berjalan mundur. 

3. Berlatih squat secara rutin

Sepasang kaki yang kuat dapat menurunkan risiko anda terjatuh. Maka dari itu squat dapat dijadikan sebagai gerakan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Gerakan – gerakannya dapat dijadikan sebagai media guna melatih kekuatan otot kaki yang memiliki fungsi sebagai tumpuan utama tubuh dan dapat mengencangkan otot paha bagian depan.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut : rentangkan kedua kaki. Tekuk kedua lutut. Turunkan pinggul seakan – akan anda ingin berjongkok dengan perlahan – lahan. Rutin melakukan gerakan ini setiap hari sebanyak 8 hingga 10 kali.

4. Berjalan sambil mengangkat lutut secara bergantian

Lakukan cara ini di setiap anda melangkah. Jika masih kesulitan dalam menjaga keseimbangan di awal latihan, maka lakukan gerakan ini sambil berpegangan pada dinding.

5. Berjalan dengan menggunakan gerakan heel to toe

Gerakan – gerakan yang dimaksudkan adalah posisikan tubuh dalam kondisi berdiri tegak. Letakkan satu tumit kanan di lantai seperti di bagian depan jari kaki kiri.

Lakukan gerakan berjalan dengan memposisikan kaki secara bergantian yaitu kanan dan kiri. Sertai dengan pandangan tetap ke depan.

****

Demikian sekilas mengenai bagaimana cara melatih keseimbangan tubuh anda dengan beberapa langkah seperti tersebut di atas. Semoga bermanfaat.