Wanita Kelebihan Berat Badan Menyerupai Buah Apel Rentan Osteoporosis

Loading...

Apakah Anda tidak menyukai bentuk tubuh yang berbentuk apel atau pir? Wanita kelebihan berat badan dengan bentuk tubuh menyerupai buah apel lebih rentan osteoporosis dibandingkan mereka yang memiliki tubuh berbentuk buah pir. Wanita bertubuh apel umumnya memiliki timbunan lemak yang terkonsentrasi di sekitar perut. Sementara timbunan lemak wanita bertubuh buah pir terkonsentrasi di sekitar pinggul dan paha.

Peneliti melibatkan 50 partisipan wanita kelebihan berat badan, usia 40 tahun ke atas dengan indeks massa tubuh rata-rata 30. Selain memindai distribusi lemak dalam tubuh, peneliti juga mengukur kepadatan tulang dalam tubuh. Mereka yang memiliki konsentrasi lemak di jaringan otot dalam perut memiliki kepadatan mineral tulang lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki konsentrasi lemak di area pinggul dan paha. Rendahnya kepadatan mineral tulang jelas menunjukkan gejala osteoporosis.

Kita tahu bahwa obesitas memicu masalah kesehatan utama di masyarakat. Dan, sekarang kita tahu bahwa obesitas di perut perlu diperhatikan sebagai faktor risiko osteoporosis dan masalah tulang. Bagi Anda yang memiliki masalah tubuh berbentuk buah apel tak perlu kecil hati. Riset Universitas Northwestern, Illinois, menemukan bahwa wanita dengan bentuk tubuh apel memiliki kemampuan dalam tes ketangkasan mental yang lebih baik daripada mereka yang memiliki bentuk tubuh buah pir.